World Class University Based on Culture

Di Indonesia tercatat lebih dari 2800 perguruan tinggi. Pada tahun 2007, UNUD sudah masuk dalam (i) 50 besar perguruan tinggi yang ada di Indonesia; dan (ii) 15 perguruan tinggi yang paling diminati oleh stakeholders. Selanjutnya pada tahun 2008, UNUD sudah masuk dalam (i) 11 besar dalam kepemimpinan dan manajemen perguruan tinggi; dan (ii) 12 besar perguruan tinggi yang layak dikembangkan untuk menuju World Class University (WCU).

Eksistensi UNUD yang berlokasi di Pulau Bali, yang dikenal sebagai pulau budaya, sejatinya adalah sebuah anugrah. Kebudayaan Bali yang spesifik sudah terkenal di seluruh jagat raya. Kemudian, UNUD secara cerdik telah memilih Kebudayaan sebagai PIP-nya. Oleh karenanya, World Class University yang dituju UNUD seharusnya bukan hanya sekedar world class. UNUD seharusnya menempatkan posisinya agak berbeda dalam jajaran WCU. Yakni dengan menyebutkan dirinya menuju World Class University Based on Culture. Dengan demikian akan ada spesifikasi yang khas dari eksistensi UNUD dalam menuju cita-cita sebagai WCU.

Disamping itu, mungkin UNUD akan keteteran dalam menuju WCU dengan basis teknologi modern, seperti halnya WCU lainnya di dunia, yang sudah mapan. Berhubung potensi dan lingkungan strategis UNUD berada di kawasan yang memiliki kebudayaan yang solid, maka daya saing dalam WCU adalah dengan basis kebudayaan. Adapun kerangka berpikir UNUD menuju WCU berbasis Kebudayaan (World Class University Based on Culture) dapat digambarkan, seperti terlihat pada Gambar.

Skema UNUD Menuju World Class University Based on Culture.